Sakaw


sakawSakaw adalah satu kata bahasa yang sering digunakan oleh para pengguna napza. Yang artinya sakit karena pakai putaw. Dalam medis dikenal dengan istilah Withdrawel Syndrome, yaitu kumpulan gejala baik fisik maupun mental yang tidak nyaman yang dialami oleh para pemakai napza.

Biasanya para pengguna napza bila sudah sakaw akan mencari penawarnya dengan cara menggunakan kembali napza sesuai kebutuhan tetapi biasanya dosis / takaran akan selalu meningkat untuk mencapai efek yang diinginkan. Dengan cara apapun barang tersebut akan dicari. Bisa dengan cara menjual barang, mencuri, dan tindakan kriminal lainnya yang bisa dilakukan dirumah atau diluar rumah. Yang lebih parah lagi bila pengguna napza tersebut adalah wanita, maka untuk mendapatkan barang tersebut ia rela menjual kehormatannya demi kebutuhan akan napza tersebut.Bahkan mereka bisa hamil diluar nikah dan lalu melakukan aborsi ilegal yang tentunya membawa dampak masalah baru dalam kehidupan mereka.

Mengapa sakaw bisa terjadi ? Ketika napza masuk kedalam tubuh maka tubuh berespon dengan cara menambah jumlah reseptor dalam otak untuk menangkap zat yang masuk tersebut sehingga sel – sel bekerja keras. dan ketika suplai napza tersebut dihentikan maka sel – sel yang telah bekerja keras tadi akan mengalami keausan yang tampak dari luar yaitu gejala putus zat / sakaw. Sehingga karena  merasa kesakitan tersebut ia akan kembali kedalam pelukan napza dan bandar – bandarnya. Angka kekambuhan dalam penggunaan napza sangat tinggi karena dipengaruhi oleh faktor individu, faktor keluarga dan faktor lingkungan. Bila ke 3 faktor tersebut sama – sama mempunyai peran yang kuat dan saling mempengaruhi maka makin menguatkan resiko untuk menggunakan napza kembali. Dalam literatur – literatur tidak disebutkan bahwa bila sakaw akan menimbulkan kematian.

Kematian biasanya terjadi karena intoxikasi yang terlambat mendapat pertolongan  serta adanya komplikasi penyakit kaibat penggunaan napza. Komplikasi penyakit tersebut antara lain; hepatitis, hiv.aids,tyipoid dll. Angka kematian akibat komplikasi penggunaan napza dari tahun ketahun semakin meningkat dengan perjalanan penyakit yang begitu cepat. Bagaimanakah untuk memutus mata rantai penggunaan napza tersebut ? atau anda terlibat didalamnya ! Segera konsultasikan masalah anda dengan cermat kepada dokter atau instansi yang melayani pelayanan masalah ketergantungan napza.

2 Tanggapan

  1. apakah kehamilan berpengaruh terhadap tes bebas narkoba? misalnya, karena sedang dalam kondisi hamil, seseorang akan gagal dalam tes bebas narkoba? mhn dijawab.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s