Narkoba Mempengaruhi Kerja Otak


Pemakaian Narkoba sangat mempengaruhi kerja otak yang berfungsi yang berfungsi sebagai pusat kendali tubuh dan mempengaruhi seluruh fungsi tubuh. Karena bekerja pada otak, narkoba mengubah suasana perasaan, cara berpikir, kesadaran, dan perilaku pemakaianya. Itulah sebabnya narkoba disebut zat psikoaktif.

Banyak orang tidak mengetahui mengapa atau bagaimana seseorang bisa menjadi pecandu narkoba. Mereka selalu memiliki asumsi yang salah bahwa pecandu narkoba adalah seseorang yang memiliki prinsip moral dan kontrol emosi yang kurang sehingga terjerumus ke dalam lembah hitam narkoba.

Pada saat pecandu narkoba berhentipun, masih ada kemungkinan mereka untuk kembali lagi memakai narkoba (relaps). Untuk berhenti dari kecanduan narkoba tidak semudah membalikan telapak tangan.

Neurotransmitter

Narkoba merupakan obat-obatn terlarang yang mengandung bahan kimia yang bisa merusak sistem kerja otak. Setidaknya ada dua cara narkoba merusak sistem kerja otak yaitu dengan meniru fungsi otak, sebagai pembawa alami bahan kimia dan dengan merangsang secara berlebihan fungsi otak.

beberapa jemis narkoba seperti ganja dan heroin mempunyai kesamaan, yaitu keduanya mempunyai bermacam-macam zat kimia yang terdapat dalam sel otak disebut Neurotransmitter. Zat kimia ini bekerja pada sambungan sel saraf yang satu dengan sel saraf lainnya (sinaps). Semua zat psikoaktif dapat mengubag perilaku, perasaan dan pikiran seseorang melalui pengaruhnya terhadap salah satu atau beberapa Neurotransmitter. Neurotransmitter yang paling berperan dalam terjadinya ketergantungan adalah dopamin.

Bagian otak yang bertanggung jawab atas kehidupan perasaan adalah sistem limbus. Hipotalamus adalah bagian dari sistem limbus, sebagai pusat kenikmatan. Jika narkoba masuk kedalam tubuh dengan cara ditelan, dihirup atau disuntikan maka narkoba mengubah susunan biokimiawi Neurotransmitter pada sistem limbus.

2 Tanggapan

  1. BNN YES!
    NARKOBA: I HATE YOU FOREVER

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s