Dampak Mengkonsumsi Ganja


Ganja memiliki kandungan THC yang dapat membahayakan manusia. THC yang terdapat pada seluruh bagian tanaman ganja, mulai dari daun, ranting, ataupun biji adalah zat psikoaktif yang berfek halusinasi.

Diketahui ganja terdiri dari 3 jenis : Cannabis Sativa, Cannabis indica dan Cannabis ruderalis. Kadar kandungan THC pada ketiga jenis itu berbeda, Cannabis indica mengandung THC paling tinggi, disusul Cannabis sativa dan Cannabis ruderalis.

begitu berbahyanya unsur THC dalam ganja, sehingga orang yang baru pertama kali menyalahgunakannya saja kan segera mengalami keracunan ganja secara fisik maupun psikis. Penyalahgunaan ganja dalam dosis rendah dan sedang dampaknya juga sama berbahayanya seperti mengalami hilaritas atau berbuat gaduh, mengalami aquacous euphoria atau euphoria terbahak-bahak tanpa henti. Sipemakai juga mengalami perubahan persepsi ruang dan waktu, berkurangnya kemampuan koordinasi, pertimbangan dan daya ingat, mengalami peningkatan kepekaan visual dan pendengaran, tapi lebih ke arah halusinasi.

Pada penyalahgunaan ganja dosis tinggi, dampak yang diakibatkan adalah mengalami khayalan, delusi atau terlalu menekankan pada keyakinan yang tidak nyata, depresi, kebingungan, keterasingan, dan halusinasi yang terkadang juga disertai gejala psikotik seperti rasa ketakutan dan agresifitas.

Tidak hanya itu, bahaya penyalahgunaan ganja secara teratur dan berkepanjangan juga berakibat fatal berupa gangguan fisik dan psikis. Gangguan fisik seperti mengalami radang paru-paru, iritasi, dan pembengkakan saluran pernafasan. Sedangkan gangguan psikis akibat mengkonsumsi ganja diantaranya menurunya kemampuan berpikir, membaca, berbicara, berhitung dan bergaul.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s