Peran Perusahaan Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba


Dewasa ini masalah penyalahgunaan narkoba di Indonesia sudah mulai mengganggu tempat-tempat kerja (perusahaan – perusahaan), eksekutif muda, karyawan dan pegawai sudah menjadi korban narkoba. Sudah saatnya perusahaan-perusahaan baik perusahaan swasta atau BUMN melaksanakan P4GN atau Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba diantaranya sebagai berikut:

1. Penyusunan kebijakan yang jelas dan komprehensif

Kebijakan tentang P4GN di perusahaan / lingkungan kerja ini perlu disusun bagi para manajemen dan karyawannya dalam melaksanakan program P4GN di lingkungan kerja tersebut. Dengan kebijakan yang jelas, yang berisi aturan dan sanksi di bidang penyalahgunaan narkoba maka para karyawannya akan dapat dengan mudah memedomaninya dan diharapkan para karyawan tidak berani mencoba-coba menyalahgunakan narkoba.

2. Pelatihan Supervisor (Pengawas)

Para Supervisor / Pengawas memiliki kesempatan untuk berhubungan langsung dengan para karyawan. Mereka berada pada posisi yang strategis untuk mendeteksi masalah-masalah dalam pekerjaan yang menunjukan penyalahgunaan narkoba bagi karyawannya. Para pengawas perlu mengetahui bagaimana mendeteksi gejala – gejala penyalahgunaan narkoba dan apa yang seharusnya dilakukan apabila menemukan penyalahgunaan narkoba di lingkungan perusahaan.

3. Pendidikan bagi karyawan

Para karyawan harus menyadari dan memahami tentang lingkungan kerja bersih narkoba. Segenap karyawan harus mempunyai komitmen yang kuat tentang lingkungan kerja bebas narkoba, untuk memberikan pemahaman tersebut diperlukan pendidikan bagi karyawan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

4. Penyediaan bantuan bagi karyawan

para karyawan adalah sumber daya yang sangat berharga. Penyalahgunaan narkoba akan menyebabkan masalah besar bagi sumber daya manusia. Ada beberapa hal yang bisa dilaksanakan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dengan memberikan bantuan bagi karyawan.

5. Pemeriksaan Urine ( Urine Test )

Pemeriksaan urine ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah ada penyalahgunaan narkoba di lingkungan kerja, disamping itu untuk memberi efek jera apabila ada yang pernah menyalahgunakan narkoba karena mereka merasa diawasi dengan adanya pemeriksaan urine (test urine).

6. Sertifikasi kepada perusahaan yang bebas narkoba

Sertifikasi kepada perusahaan ynag bersih dari penyalahgunaan narkoba dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi perusahaan dalam melaksanakan program P4GN di perusahaan, sehingga dicapai perusahaan yang bebas penyalahgunaan narkoba dan mendapatkan sertifikat dari BNN/BNNP. Dengan demikian perusahaan sudah ikut berperan serta dalam menciptakan lingkungan kerja yang bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s