Peran Tokoh Agama Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba


Tokoh-tokoh agama seperti kiai, pastor, biksu dan pendeta serta organisasi keagamaan adalah pembina dan penuntun masyarakat ke jalan yang benar. Tokoh-tokoh agama mempunyai wewenang dalam lingkungannya dalam memberikan berbagai bantuan untuk membina umat masing-masing.

Sebagai tokoh agama, kepemimpinannya besar dan sangat berpengaruh kepada warga di lingkungannya. sebagai tokoh agama, pada posisi yang tergolong unik dalam masyarakat untuk menggerakan umat dan masyarakat untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah di lingkunga termasuk masalah narkoba. Memperkuat rasa kesatuan warga, mewujudkan generasi muda yang sehat jasmani dan rohani, berbudi luhur dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Peran yang dapat dilaksanakan oleh tokoh agama adalah sebagai berikut:

  1. Pendidikan Pencegahan

Kita mengetahui bahwa masalah narkoba bisa dicegah. Tokoh Agama dan Umatnya memiliki potensi besar untuk bersama-sama mengadakan kegiatan-kegiatan pencegahan masalah narkoba seperti :

  • Program pendidikan yang lebih menitikberatkan pada pengadaan bimbingan, penyuluhan dan penanaman kebiasaan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan benteng kuat dari pengaruh kehidupan bahaya penyalahgunaan narkoba
  • Program pendidikan bagi para orang tua tentang mengasuh anak yang baik sebagai strategi pencegahan penyalahgunaan narkoba termasuk komunikasi dalam keluarga, disiplin dan cara meningkatkan harga diri anak
  • Program pendidikan bagi generasi muda tentang peningkatan dan pengalaman kehidupan keagamaan yang mewujudkan generasi muda sehat jasmani dan rohaninya, pendirian pusat pengobatan dan bimbingan pada anak-anak korban narkoba.

2. Kegiatan Sosial

Tokoh-tokoh agama, Organisasi, dan umatnya bisa membantu mencegah penyalahgunaan narkoba dengan menyediakan usaha-usaha sosial seperti:

  • Pendirian pusat / tempat pelayanan untuk konseling, konsultasi
  • Pendirian pusat pengobatan, dan bimbingan pada anak-anak korban narkoba
  • Mengadakan kegiatan positif sebagai pilihan lain dari penyalahgunaan narkoba
  • Penempatan pekerjaan dan program latihan

3. Kerjasama Antar Keagamaan

Sangat diperlukan demi mencapai sinergi dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s