Mitos dan Kenyataan Narkoba


Masih banyak mitos dan mis informasi yang ada di kalangan remaja Indonesia mengenai narkoba, seperti berikut ini ……

Mitos : Ada narkoba yang berbahaya, ada yang tidak ,,,

Kenyataannya ,,, semua Narkoba berbahaya dan menimbulkan kerusakan fisik, mental, emosi apabila digunakan tidak digunakan sesuai dengan aturan pemakaiannya. Organ tubuh yang paling banyak dipengaruhi adalah syaraf pusat ( otak dan sumsum tulang belakang ), organ-organ otonom ( jantung, paru, hati, ginjal ). Penyalahgunaan narkoba juga menimbulkan ketergantungan fisik dan/atau psikologis. Yang jelas tidak ada narkoba yang “aman” atau “tidak keras”.

Mitos : Menyalahgunakan narkoba bisa menolong orang menikmati hidup,,,

Kenyataannya ,,, Seoarang pecandu narkoba tidak dapat berfungsi secara normal dalam hidupnya. Seorang pecandu narkoba akan terus memerlukannya, supaya dapat hidup normal dan dengan takaran yang semakin hari semakin banyak. Seorang pecandu narkoba tidak mampu menghadapi dan bergaul dengan normal dengankeluarganya, temannya, dan masyarakat sekitarnya. Apakah kehidupan dengan penuh penderitaan yang dimaksud “ menikmati hidup ”?

Mitos : Narkoba membantu melupakan masalah

Kenyataannya,,, Menyalahgunakan narkoba hanya dapat menolong orang melupakan masalahnya untuk sementara saja, bukan menghilangkan masalah. Narkoba tidak akan memeahkan masalah bahkan justru menambah masalah.

Mitos : Penyalahgunaan narkoba hanya dapat melukai si pemakai

Kenyataannya ,,, Pada umumnya si pemakai narkoba adalah korban utama pengaruh buruknya, tetapi ,,, pengaruh buruk dan akibatnya tidak hanya terbatas pada diri pelakunya, namun juga pada keluarga, masyarakat dan bangsanya.

Mitos : Semua Orang menyalahgunakan narkoba

Kenyataannya ,,, Alasan ini pada umumnya dipakai oleh pecandu untuk diterima kelakuannya. Walaupun masalah narkoba ini sudah memprihatinkan. Masih banyak remaja di dunia ini yang tidak menyalahgunakan narkoba. Mereka lebih bahagia dan produktif daripada mereka yang menyalahgunakan narkoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s