Peran Pelajar Mencegah Penyalahgunaan Narkoba


Dok: BNNK Garut, Fhoto: Agus Ramdani

Jika ada teman kita yang menyalahgunakan narkoba, apa yang harus dilakukan? Sedih juga kan kalau orang – orang yang kita sayangi, atau mungkin kita sendiri terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. KIta harus beupaya untuk mencegahnya dengan segala upaya diantaranya:

1. Pererat Jalinan Keluarga

Kita pasti setuju, kalau keluarga adalah tumpuan hidup kita. Mulai dari kecil sampai tua nanti hubungan kita dengan anggota keluarga tidak akan pernah terputus. Tahu kenapa? karena selama kita hidup, aliran darah dalam tubuh kita sangat erat kaitannya dengan darah seluruh anggota keluarga. makanya, sekalipun kita jauh dari orang tua, kita tetap akan merasa dekat dengan mereka. Perasaan dekat seperti itulah yang akan membuat kita semakin kokoh, soalnya akan selalu punya keinginan untuk mendekatkan diri dengan mereka. Hubungan keluarga yang terjalin dengan baik akan membentengi diri kita dari tindakan – tindakan nekat yang menjerumuskan.

2. Lingkungan Rumah Bebas Narkoba

Kalau dalam suatu keluarga ada salah satu yang menggunakan atau mengedarkan narkoba, anggota keluarga yang lainnya juga kena imbasnya. Maka keterbukaan sangat diperlukan dalam kehidupan keluarga.

3. Tebalkan Iman

Mempunyai masalah dan belum menemukan jalan keluarnya? Disaat seperti itulah kita perlu tempat untuk berbagi. Namun, disaat kita sedang mempunyai masalah, teman bisa saja meninggalkan kita, orang tua mungkin tidak mengerti apa yang kita keluhkan. Kalau kita merasa bingung bagaimana cara menolak ajakan-ajakan dan pengaruh untuk memakai narkoba, maka sebaiknya berdo’a dan pertebal iman!. Kekuatan do’a sangat ampuh untuk menangkis pengaruh-pengaruh jahat.

4. Membantu Teman yang Terjerat Narkoba

Kalau teman kita ada yang mengkonsumsi narkoba, sudah seharusnya kita memberitahunya. Cara memberitahunya bisa secara pelan-pelan supaya tidak menyinggung perasaan. Kita bisa melakukan pendekatan terlebih dahulu, kemudian mengingatkan tentang resiko yang akan ditanggungya jika dia terus-terusan mengkonsumsi narkoba. Selain itu, kita bisa mengajaknya untuk lebih mendekatkan diri dengan Allah sesuai dengan kepercayaan yang dianutnya. Jangan sampai orang yang kita sayangi menjadi budak narkoba dan hidupnya hancur gara-gara narkoba.

5. Gerakan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Selain memberitahu teman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, kita juga bisa membantu aparat dalam memerangi narkoba. Caranya bisa dengan memberitahu mereka kalau di lingkungan kita ada penyalahguna narkoba. Selain itu kita juga bisa membuat usaha pencegahan narkoba dengan membuat aktivitas yang fun (kegiatan alternatif), misalnya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan musik / band, olahraga atau pecinta alam/ Dengan tersalurnya hobi dalam kegiatan-kegiatan positif, pikiran kita juga akan terisi hal-hal yang postif sehingga kecenderungan untuk menyalahgunakan narkoba semakin bisa dihindari.

sumber:Leaflet BNN ” Peran Pelajar Mencegah Penyalahagunaan Narkotika”

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s