Tips Mengatakan “TIDAK” Pada Narkoba Untuk Pelajar


Maraknya peredaran narkoba di kalangan pelajar atau usia muda akhir – akhir ini sangat menghawatirkan semua pihak. Sekarang pelajar tidak hanya sebagai pemakai, tetapi sudah banyak yang menjadi pengedar.

Ada beberapa langkah untuk kita sebagai pelajar dalam menolak, menghindari atau mengatakan TIDAK pada seseorang atau teman yang mengajak untuk menyalahgunakan narkoba. Berikut beberapa langkah untuk mengatakan “TIDAK” pada narkoba.

LANGKAH PERTAMA : BERTANYA

  • Jika ada yang menawarkan sesuatu yang tak dikenal, tanyalah ” Apa itu?” dan ” Darimana mendapatkannya?”
  • Jika temanmu menawarkan untuk ” kumpul bersama “, pelajarilah apakah rencana temanmu tersebut itu baik, melalui pertanyaan ” Siapa saja yang akan hadir ?”, “Dimana akan diadakan?” , “Apakah ada orang tua yang hadir ?”.

LANGKAH KEDUA : APABILA TIDAK BENAR, CEPAT KATAKAN “TIDAK”

Apabila anda mengetahui bahwa apa yang ditawarkan oleh teman tersebut tidak baik, berhentilah bertanya. Langsung saja katakan, ” Tidak, terima kasih.”

LANGKAH KETIGA : MENGUSULKAN KEGIATAN LAIN YANG BISA DILAKUKAN

Sesudah mengatakan ” TIDAK “, segera memberi usul atau ide kepada mereka untuk melakukan aktivitas lain yang menyenangkan, aman dan sehat sperti main basket dan lainya. Tunjukan pada teman / sahabat bahwa narkoba yang tidak diterima, bukan orangnya.

LANGKAH KEEMPAT : PERGI

Apabila temanmu berkali-kali mencoba menawarkan sesuatu yang anda tahu tidak baik, segera tinggalkan tempat itu. Ingat bahwa teman sejati menghormati keputusan temannya. Memang menjawab “TIDAK” adalah sesuatu yang berat, tetapi anda akan merasa puas dengan diri sendiri setelah mengetahui bahwa anda telah membuat suatu keputusan yang tepat.

referensi: “Apa yang bisa Anda Lakukan” BNN,2009

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s