3 Faktor Yang Bisan Bikin Orang Kecanduan Obat-Obatan


Ada sejumlah alasan dan faktor yang bisa membuat orang kecanduan obat-obatan. Tapi diantara sekian banyak hal tersebut, ada 3 hal yang bisa bikin orang jadi pecandu obat-obatan.

Obat-obatan adalah jenis kecanduan yang paling umum selain alkohol dan ganja, meski ada pula kecanduan lain seperti heroin, kokain atau sabu-sabu. Obat-obatan ini mengandung zat kimia yang bisa mempengaruhi bagaimana fungsi otak.Umumnya semua jenis narkoba hanya memberikan kepuasan semu dan berakhir pada kecanduan. Diibaratkan orang yang sudah kecanduan obat-obatan sama saja seperti memasukkan diri ke dalam lumpur hisap yang sulit untuk keluar.

Diketahui ada faktor yang bisa berkontribusi bikin orang kecanduan seperti pelarian, tekanan dari teman sebaya, genetika, stres, lingkungan serta pendidikan di keluarga. Tapi ada 3 faktor penting yang mempengaruhi orang untuk jadi pecandu obat-obatan, seperti dikutip dari Timesofindia, Jumat (22/6/2012) yaitu:

1. Alasan psikologis
Kebanyakan orang menggunakan obat-obatan untuk bereksperimen dan bersenang-senang, sebagian orang bisa lepas dan tidak jadi pecandu, tapi bagi orang yang menggunakannya secara kompulsif dan memiliki kerentanan psikologis maka mudah baginya untuk jadi pecandu.

Orang yang kecanduan obat-obatan sering berjuang dengan pengalaman emosional yang kuat dan sulit menanganinya. Pengalaman emosional yang paling umum adalah kemarahan, rasa bersalah, kesedihan, merasa kosong dan kesepian. Pecandu menggunakan narkoba untuk mematikan emosional ini, melarikan diri dari rasa sakit dan meningkatkan harga dirinya.

2. Trauma sosial
Trauma sosial ini sangat terkait dan jadi penyebab penting terhadap penggunaan obat secara kompulsif atau kecanduan. Trauma sosial ini bisa melibatkan dirinya sendiri, keluarga atau sosial budaya.

Namun yang umum biasanya disebabkan oleh pelecehan seksual, pengabaian emosional, lingkungan keluarga yang terganggu, kekerasan fisik, kekerasan teroris serta pengasingan.

3. Peran dari gen dan penyakit mental
Penelitian telah menemukan korelasi antara genetik dengan biokimia dari obat-obatan, serta penyakit mental tertentu juga bisa memicu seseorang lebih mudah terjerumus ke dalam kecanduan obat-obatan. Untuk itu psikoterapi dan peningkatan motivasi bisa membuat perubahan pada diri pecandu.

sumber:dedihumas.bnn.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s