CEGAH NARKOBA SECARA TERPADU


CEGAH NARKOBA SECARA TERPADU

Kondisi Penyalahgunaan narkoba di Indonesia semakin memprihatinkan. Untuk itu perlu dukungan semua pihak agar masalah tersebut dapat teratasi dan bagi yang belum pakai dapat dicegah agar tidak terjerumus.

Pencegahan Narkoba adalah masalah yang kompleks yang pada umumnya disebabkan oleh tiga faktor, yaitu :  individu, lingkungan/sosial dan ketersediaan. Oleh karena itu perlu dilakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba yang efektif dengan pendekatan yang terpadu dan komprehensif. Pendekatan apapun yang dilakukan tanpa mempertimbangkan ketiga faktor tersebut akan  menjadi sia-sia. Oleh karena itu peranan semua sektor terkait, termasuk para Orang tua, Guru, Tokoh Masyarakat dan Agama, Kelompok Remaja dan LSM-LSM di masyarakat dalam pencegahan narkoba sangat penting.

Remaja memang sasaran empuk pengedar narkoba. Pada fase ini keinginan untuk mencoba-coba, mengikuti trend dan gaya hidup, serta bersenang-senang besar sekali. Oleh karena itu seorang remaja harus memiliki ketahanan mental yang baik agar tidak terjerumus ke dalam lembah hitam penyalahgunaan narkoba. Beberapa kegiatan bisa dilakukan oleh remaja untuk tidak terjerumus seperti mengikuti pelatihan keterampilan dan memiliki kegiatan alternatif. dalam Mengikkuti pelatihan keterampilan seperti kursus komputer, kursus keahlian mesindan pelatihan dalam bidang-bidang lain, sangat penting agar remaja memiliki kegiatan positif dan dapat mendatangkan manfaat. Alternatif lain, seperti mengikuti Organisasi, bergabung dalam klub olahraga dan mengikuti kegiatan-kegiatan positif lainnya yang bisa menjauhkan dari hal-hal negatif.

Tidak hanya peran remaja, orang tua juga memiliki peran dalam pencegahan terpadu terhadap penyalahgunaan narkoba. Peran orang tua sangatlah penting dalam mencegah putra putrinya agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal negatif seperti narkoba. Peran orang tua bukan hanya sebatas mengajarkan berkata tidak pada narkoba, tapi harus menciptakan suasana keluarga yang kondusif sehingga putra putrinya nyaman di rumah.Orang tua juga harus membuka komunikasi dengan anak agar terjadi hubungan yang baik. Hal ini penting untuk mengetahui apa saja yang dilakukan oleh anak serta menciptakan rasa saling menghargai satu sama lain. Dengan komunikasi yang baik, maka orang tua akan mudah dalam melakukan pengawasan terhadap segala kegiatan anak. Keluarga harus menjadi benteng pertama Pencegahan Panyalahgunaan Narkoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s