CARA PENYAMPAIAN INFORMASI TENTANG NARKOBA KEPADA ANAK


CARA PENYAMPAIAN INFORMASI

TENTANG NARKOBA KEPADA ANAK

fhoto : ilustrasi

Pencegahan penyalahgunaan narkoba merupakan segala tindakan dan upaya untuk menghindarkan orang memulai penggunaan narkoba dengan menjalankan cara hidup sehat serta mengubah kondisi lingkungan yang memungkinkan orang menggunakan narkoba.

Pencegahan Penyalahgunaan narkoba dapat dimulai sejak dini, bahkan ketika seorang bayi masih dalam kandungan ibu. Sikap ayah terhadap ibu, ataupun sikap ibu selama kehamilan akan menentukan fisik, psikis dan spritual anak. Setelah anaklahir, orang tua perlu meningkatkan pemahamannya untuk dapat mendidik dan memperlakukan anak – anak mereka dengan postif.

Anak- anak dididik sesuai sesuai dengan tingkat usianya, mereka bukanlah miniatur manusia tetapi mereka adalah manusia seutuhnya yang memiliki kepribadian dan sikap yang berbeda satu sama lain.

Ada beberapa cara penyampaian informasi tentang narkoba kepada anak- anak diantaranya yaitu :

1. Jangan Memberi Ceramah

Hal ini menyebabkan anak menjauh dan tidak akan memperdulikan informasi yang anda sampaikan

2. Jangan menggunakan metode yang bersifat menggurui

Anak – anak atau remaja pada umumnya tidak suka jika menerima informasi yang bersifat menggurui. Sampaikanlah informasi kepada anak anda pada waktu atau saat yang disenanginya, seperti kita menonton televisi atau makan bersama.

3. Gunakan gambar – gambar contoh untuk menjelaskan berbagai jenis narkoba.

a. Dengan demikian mereka akan langsung mengenalinya, jika pada suatu saat ditawari oleh temannya atau orang yang tidak dikenal.

b. Jelaskan juga bahwa penggunaan narkoba akan membawa dampak yang tidak menyenangkan dan membahayakan kondisi kesehatan, bahkan dapat mengancam keselamatan jiwanya.

c. Jelaskan pada anak anda untuk berhati- hati terhadap setiap pemberian dari orang yang tidak dikenal, terutama jika berbentuk makanan atau minuman. Karena ada kemungkinan narkoba dicampurkan ke dalam makanan atau minuman tersebut.

4. Jelaskan bahwa jika seseorang memakai narkoba untuk menghindari persoalan, menghilangkan rasa sakit atau stress, maka pengaruh itu hanya bersifat sementara dan fana.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.